syntax:
package tugas1;
public class iffunction extends javax.swing.JFrame {
int nilai1,nilai2;
String hasil;
public iffunction() {
initComponents();
}
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
nilai1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());
nilai2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());
if(pertama >= kedua)
{
hasil = "Nilai Pertama Lebih Besar dari Nilai Kedua";
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
input:
2.Contoh Program menggunakan fungsi IF-ELSE :
Syntax:
package tugas1;
public class iffunction extends javax.swing.JFrame {
int nilai1,nilai2;
String hasil;
public iffunction() {
initComponents();
}
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
// TODO add your handling code here:
nilai1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());
nilai2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());
if(nilai1 >= nilai2)
{
hasil = "Nilai Pertama Lebih Besar dari Nilai Kedua";
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
}
else
{
hasil = "Nilai Pertama Lebih Kecil dari Nilai Kedua";
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
3.Contoh Program menggunakan fungsi IF-ELSE-IF :
Syntax :
package tugas1;
public class iffunction extends javax.swing.JFrame {
int nilai1,nilai2;
String hasil;
public iffunction() {
initComponents();
}
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
nilai1 = Integer.parseInt(jTextField1.getText());
nilai2 = Integer.parseInt(jTextField2.getText());
if(nilai1>nilai2)
{
hasil = "Nilai1 Lebih Besar dari Nilai2";
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if (pertama < kedua )
{
hasil = "Nilai1 Lebih Kecil dari Nilai2";
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
}
else
{
hasil = "Nilai1 sama dengan Nilai2";
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
Output:
4.Contoh Program menggunakan Operator-ternary:
Syntax:
package tugas1;
public class operator_ternary extends javax.swing.JFrame {
int nilai;
String keterangan;
public operator_ternary() {
initComponents();
}
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
angka = Integer.parseInt(jTextField1.getText());
keterangan = nilai >= 75? "Lulus" : "Tidak Lulus";
{
jTextField2.setText(String.valueOf(ket));
}
}
5.Contoh Program menggunakan fungsi SWITCH-CASE:
Syntax:
package tugas1;
import java.io.*;
public class switchcase extends javax.swing.JFrame {
String mutu_grade,ket;
public switchcase()
{
initComponents();
}
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
mutu_grade = (jTextField1.getText());
switch(mutu_grade)
{
case "A":
ket = "Range nilai 75 sampai 100";
jTextField2.setText(String.valueOf(ket));
break;
case "B":
ket = "Range nilai 65 sampai 74";
jTextField2.setText(String.valueOf(ket));
break;
case "C":
ket = "Range nilai 55 sampai 64";
jTextField2.setText(String.valueOf(ket));
break;
case "D":
ket = "Range nilai 45 sampai 54";
jTextField2.setText(String.valueOf(ket));
break;
default:
ket = "Data yang diinputkan salah";
jTextField2.setText(String.valueOf(ket));
}
}
Output:
0 komentar:
Posting Komentar